Monday, 13 June 2011

Home » edukasi » TENTANG WIKILEAKS SITUS PEMBONGKAR RAHASIA

TENTANG WIKILEAKS SITUS PEMBONGKAR RAHASIA

Dibaca :
      TENTANG WIKILEAKS SITUS PEMBONGKAR RAHASIA
      Sungguh sangat ketinggalan jaman jika anda para pembaca tidak tahu apa itu wikileaks dan apa peran yang sudah menggemparkan dunia lewat posting postingnya yang sangat mengundang kontroversi. Wikileaks adalah situs yang paling di takuti oleh Amerika Serikat saat ini, wikileaks telah membocorkan puluhan ribu dokumen  rahasia Amerika Serikat tentang perang di Afghanistan. Wikileaks juga membocorkan dokumen rahasia Indonesia tentang Penyalahgunaan Kekuasaan oleh Susilo Bambang Yudhoyono, beberapa nama juga di singgung seperti Mega wati, jussuf kalla dll.


      Lalu Siapa yang menjadi otak dan dalang dari semua kejadian tersebut, Dia adalah Julian Paul Assange Orang No.1 yang bisa menjadikan perang dunia karena pendiri Wikileaks tersebut yang membocorkan semua dokumen rahasia itu. 


      Ia membesarkan situs whistle-blower tersebut sejak Desember 2006. Assange adalah seorang aktivis Internet sekaligus jurnalis asal Australia. Sebelum menangani WikiLeaks, pria kelahiran 3 Juli 1971 itu hanyalah seorang siswa matematika dan fisika yang bekerja sebagai programmer.
       
    Di tahun 2006, Assange memutuskan untuk fokus membesarkan WikiLeaks. Dia terlibat dalam publikasi dokumen tentang pembunuhan yang tak tersentuh hukum di Kenya. Selain itu, dia juga mengungkap pembuangan limbah beracun ke pantai Afrika, disusul publikasi manual Church of Scientology, prosedur Teluk Guantanamo, dan material-material yang melibatkan bank-bank besar seperti Kaupthing dan Julius Baer.

   
      Mungkin beberapa temuan Assange di atas masih asing di telinga Anda. Namun, yang paling menarik, justru ketika pria berdarah Australia asli itu membongkar ratusan ribu dokumen milik militer AS, termasuk invasi Amerika Serikat di Afghanistan dan Irak.

      Pada 28 November 2010, WikiLeaks dan lima rekan media lainnya resmi mempublikasikan dokumen-dokumen tersebut di website cablegate.wikileaks.org. Sayang, website itu buru-buru ditutup oleh empunya domain asal Amerika Serikat (AS). Padahal, di laman tersebut, Anda bisa menemukan informasi berupa kumpulan memo diplomatik bersifat rahasia atau terbatas.

SEKIAN SEMOGA BISA BERMANFAAT :)

Artikel Terkait