Sunday, 24 November 2013

Home » edukasi » STATISTIKA MENURUT SESEORANG YANG MENULIS INI

STATISTIKA MENURUT SESEORANG YANG MENULIS INI

Dibaca :
Kali ini aku mau bicara tentang.. hmmm... ilmu statistika :D yeaah.. ini bidang ku men, kalian tau kan statistika ??? aduh payah banget kalo kalian gak tau, statistika itu udah ada dari duluuu banget zaman batu deh pokoknya, manusia purba zaman dulu udah tau yang namanya statistika contohnya di bawah ini :
Oke udah tau kan statistika itu apa .. nah sekarang kegunaan di jaman dulu, di jaman dulu statistika cuman digunain buat judi dan permainan kartu bridge, jadi main bridge sambil buka-buka rumus statistik tru diitung peluangnya berapa biar menang.. absurd banget kan -,-.. ini contohnya :

Sampai sekarang statistika terus berkembang, bahkan sangat pesat, banyak ilmuwan yang berjasa atas perkembangan ini contohnya fisher dkk.Saking pesatnya sekarang statistika udah bisa masuk ke kehidupan kita sehari-hari, dan yang paling sederhana ini nih :
Minum teh juga pake statistika men, bukan minum sambil ngitung-ngitung peluang dapet teh yang pait.. tapii, kalo kita mau bikin teh kan sukanya dicobain dulu tuh kalo bahasa kerennya diincipin, nah itu brarti kita ngambil sampel teh yang ada, kan gak mungkin kita cobain semuanya terus kita baru ngomong kalo teh itu pait.. haha artinya di sini kita bisa ngasih kesimpulan kalo teh itu manis atau pait setelah kita ambil satu sendok teh kan, dan satu sendok teh itu sudah mewakili semuanya kalo bahasa statistik menyebutnya populasi dan satu sendok teh tadi disebut sampel.

Okee, sekian dulu ilmu yang aku sharingkan ke kalian walaupun agak absurd tapiii semoga bermanfaat kedepannya :) sukses selalu :)

Artikel Terkait