Mengatasi HKJ di Hp acer z120 dengan cepat

by - 11:05

Hp smartphone seolah udah mewabah di berbagai kalangan, entah itu menengah ke atas atau menengah kebawah hampir semua punya smartphone. Memang hp pintar ini punya fasilitas yang lengkap.
Buat saya memiliki hp smartphone adalah anugrah tersendiri karena dengan hp ini saya bebas posting artikel sewaktu-waktu di blog maupun di web bisnis saya www.adadesaingrafis.weebly.com disitu saya menjual berbagai desain grafis yang pecah banget cek aja coba.
Nah masalah smartphone saya percayakan ke acer z120 yang harganya murah tapi spek gak murahan boss, gimana gak murahan dengan kamera 5mp, 1ghz, ram 512mb, rom 4gb, jellybean, wifi, dll pkoknya lengkap deh...
Aku langsung jatuh cinta sama hp ini, tapi beberapa hari setelah pembelian ternyata muncul masalah yang namanya HKJ (home key jammed) atau istilahnya tombol home kadang kepencet terus. Nah, setelah saya browsing di internet ternyata bukan cuma saya yang mengalami ini, udah banyak juga korbannya. Ada yang nyebutin kalo masalah ini harus di bawa ke gerai acer. Tapi saya memutuskan untuk tidak membawanya kesana walaupun masih garansi, soalnya pasti nanti servisnya lama, karena aku gak sabaran orangnya hehe. Jadi aku memutuskan untuk mencari solusinya di youtube.
Dan aku nemuin satu video yang ngajarin gimana cara servis masalah ini sendiri. Dan kalo dibikin tulisan kurang lebih begini penjelasannya :
1. Siapkan gunting, selotip, kertas putih buat naruh sekrup hp biar gak ilang, kertas dari kardus susu bubuk, obeng kecil, dan kesabaran.
2. Masalah ini timbul karena adanya medan magnet yang mengganggu sensitifitas touchscreen, jadi buka dulu casing hp nya sampek keliatan mesinnya pokoknya, harus sabar dan hati-hati ya bukaknya.
3. Gunting kertas kardus susu bubuk tadi seukuran colokan usb di hp itu, terus taruh di atasnya persis, tarunya di bagian depannya ya.
4. Potong selotip sepanjang tombol back, home, dan option. Tempel tepat dibawah tombol-tombol itu.
5. Terus balikin lagi seperti semula, casingnya di pasang lagi, jangan sampek kertas kardusnya tadi geser ya, ati ati aja.
6. Nah udah jadi deh, sekarang coba hidupkan hape nya dan liat apa yang terjadi.
Trik ini berhasil di hp saya gan, Alhamdulillah sekarang udah bener2 sembuh dari HKJ :)
Kertas dan selotip itu istilahnya untuk ngurangin medan magnet biar ga sampek ke permukaan tou hscreen gan.
Nah, tips lainnya adalah ganti charger hp dengan ampere yang kecil, kalo bisa dibawah 0.8 ampere, kalo saya pake charger samsung yang 0.55 ampere, da itu bener-bener berhasil soalnya kalo amperenya gede medan magnet tambah gede gan, oke gitu aja. Pokoknya percaya cara ini pasti berhasil.
Trust me, it's work.
Semoga bermanfaat, salam pencinta acer :)

You May Also Like

0 comments