Saturday, 29 January 2011

Home » kesehatan » Askep Diabetes Insipidus

Askep Diabetes Insipidus

Dibaca :
Diabetes insipidus adalah gangguan langka dimana sistem digunakan tubuh untuk mengatur kadar airnya menjadi terganggu. gangguan ini menyebabkan dua gejala paling umum dari diabetes insipidus:

* Berlebihan dan haus berkepanjangan
* Lewat urin dalam jumlah besar dan perlu sering buang air kecil

Waktu tidak diobati, diabetes insipidus dapat menyebabkan dehidrasi berat, syok (penurunan tiba-tiba tekanan darah) dan, pada orang khususnya rentan, kematian.
Hormon antidiuretik (ADH) Jumlah air dalam tubuh diatur oleh hormon yang disebut hormon antidiuretik (ADH), juga dikenal sebagai vasopresin. ADH dibuat oleh suatu bagian otak yang disebut hipotalamus dan disimpan di bawah otak, kelenjar hipofisis, sampai diperlukan.

Bila jumlah air di dalam tubuh menjadi terlalu rendah, ADH dilepaskan dari kelenjar hipofisis.

Hal ini membantu untuk mempertahankan air di dalam tubuh dengan menghentikan produksi ginjal dari urin.

Namun, dalam insipidus diabetes, ADH tidak menghentikan memproduksi ginjal dari urin dan memungkinkan air terlalu banyak dilewatkan dari tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti perlu melewati jumlah besar urin sering dan merasa sangat haus sepanjang waktu. Lihat Diabetes insipidus – gejala untuk informasi lebih lanjut.
Jenis-jenis diabetes insipidus

Ada dua jenis utama diabetes insipidus, yang akan dijelaskan di bawah ini.
Kranial diabetes insipidus

Ajal diabetes insipidus terjadi bila tidak ada ADH cukup dalam tubuh untuk mengatur jumlah urin yang dihasilkan.

Ini adalah jenis yang paling umum dan diabetes insipidus dapat disebabkan oleh kerusakan pada kelenjar hipotalamus atau pituitari, misalnya setelah infeksi, operasi atau cedera kepala.

Dalam perkiraan 30% kasus diabetes insipidus tengkorak, penyebab kondisi tidak diketahui.
Nephrogenic diabetes insipidus

Nephrogenic diabetes insipidus terjadi bila ada cukup ADH dalam tubuh namun gagal ginjal menanggapinya. Ini dapat dijalankan dalam keluarga atau dapat disebabkan oleh kerusakan ginjal.

Beberapa obat, khususnya lithium (digunakan dalam pengobatan beberapa kondisi kesehatan mental yang serius, seperti gangguan bipolar), telah dikenal sebagai penyebab diabetes insipidus nephrogenic.
Bagaimana umum adalah diabetes insipidus?

Diabetes insipidus adalah suatu kondisi yang jarang terjadi, mempengaruhi diperkirakan 1 dalam 25.000 orang. Seperti kondisi biasanya diperoleh melalui luka atau infeksi, dapat mempengaruhi orang dari segala usia.
Pandangan

Prospek untuk diabetes insipidus dapat sangat bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari.

Jika didiagnosis dengan cepat sebelum dehidrasi terjadi, prospek adalah sedang dengan baik.

Gejala-gejala diabetes insipidus sentral tengkorak biasanya dapat dikontrol dengan obat-obatan, sementara perubahan diet digunakan untuk membantu mengobati diabetes nephrogenic.

Artikel Terkait