Tuesday, 29 March 2011

Home » edukasi » KELARUTAN

KELARUTAN

Dibaca :






       KELARUTAN        Pagi-pagi gini gag ada kerjaan, enaknya update blog aja :D. Kali ini ane akan membahas  pelajaran tentang KELARUTAN, udah jarang update tentang ini soalnya.. gmana pada srtuju kan ?? langsung aja kita bahas nih tentang KELARUTAN.
                Pengertian KELARUTAN sendiri adalah jumlah maksimum zat yang dapat terlarut dalam sejumlah pelarut tertentu. Lalu bagaimana dengan menyatakan nilai KELARUTAN ?? nah lihat di bawah ini :
s=n/V
 
M=s
 
M= n/V

 
                Untuk zat yang tergolong mudah larut satuannya dinyatakan dengan gram/100 gram air, namun untuk zat yang tergolong sukar larut, KELARUTANnya dinyatakan dalam mol L-1  alias sama dengan kemolarannya. Lihat rumus berikut :
ð                           =>     
Ket :       M : kelarutan
n:  mol
V:  volum
S: kelarutan
Ksp : [Ay+]x[Bx-]y
 
ane  terusin langsung ke rumus Ksp nya aja ya. Nih lihat di bawah ini :
                                                                Menurut reaksi berikut di dapat rumus itu :
                                                                AxBy(s) ↔ xAy+(aq) + yBx-(aq)
Itu dulu dari blog ane , semoga bermanfaat J

Artikel Terkait