Saturday, 19 March 2011

Home » edukasi » MEKANISME GERAK REFLEKS SADAR

MEKANISME GERAK REFLEKS SADAR

Dibaca :

Mekanisme refleks dimulai dari diterimanya rangsang oleh reseptor yang kemudian diteruskan melalui saraf sensoris ke sumsum tulang belakang. Dari sumsum tulang belakang rangsang diteruskan melalui saraf motoris ke efektor sehingga terjadi gerak refleks.
Skema Alur Gerak Refleks:






Gerak sadar mempunyai mekanisme yang berbeda dengan gerak refleks. Mekanisme gerak sadar dimulai dari diterimanya rangsang oleh reseptor kemudian diteruskan melalui saraf sensoris ke otak. Oleh otak rangsang akan diteruskan melalui saraf motoris ke efektor.
Skema Alur Geak Sadar:


Sumsum Tulang Belakang
Sumsum tulang belakang merupakan lanjutan medula oblongata. Sumsum tulang belakang (medula spinalis), seperti halnya otak, diselaputi meninges. Jika medula spinalis diiris melintang, pada bagian tengahnya terdapat substansi kelabu berbentuk H dan bagian luar berwarna putih. Substansi kelabu terbagi atas akar ventral (ventral root) dan akar dorsal (dorsal root). Akar ventral mengandung badan neuron motoris yang aksonnya menuju efektor. Akar dorsal mengandung saraf sensoris dan aksonnya menuju reseptor. Bagian putih yang mengelilingi bagian kelabu mengandung dendrit dan akson.
Fungsi medula spinalis adalah sebagai penghubung impuls dari dan ke otak, serta memberi kemungkinan terjadinya gerak refleks. Apakah gerak refleks itu? Bagaimana terjadinya?


Artikel Terkait