Sunday, 6 March 2011

Home » TIPS AND TRICK » Penanganan Kerusakan HP Akibat Terkena Virus

Penanganan Kerusakan HP Akibat Terkena Virus

Dibaca :
hp bervirus 300x270 Penanganan Kerusakan HP Akibat Terkena Virus
Pengguna Nokia khususnya Nokia versi Symbian 1st edition & 2nd edition sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virus. Namun ada kalanya untuk sebagian orang yang awam, kejadian tersebut dapat membuat jengkel, bahkan panik. Contoh mudah yang cukup menjengkelkan adalah ketika mereka menjumpai ponselnya sering mengirim sms dengan sendiri, dan  kemudian mereka membawa ponsel mereka ke bengkel service hp untuk diperbaiki, karena si pengguna beranggapan bahwa hp nya rusak dan harus di perbaiki. Padahal itu terkena virus.
Nah, untuk anda yang mengalami kejadian tersebut, coba periksa lagi ponselnya, jangan sampai anda mengeluarkan biaya yang lumayan hanya sekedar untuk ke bengkel service ketika ponsel anda tertular virus. Karena tidak jarang, ada Tukang service Hp yang suka menipu pelanggannya. Bilangya software HP rusak, atau ada hardware yang harus diperbaiki, padahal hanya terkena virus saja. Tips tips dibawah ini bisa mencegah atau penanganan  HP anda yang terkena virus.


1. Memasang antivirus
Untuk virus virus yang ringan, dalam arti tidak memberatkan HP saat startup anda bisa mencoba tips ini. Beberapa anivirus yang cukup populer diantaranya:
-    Netqin, antivirus buatan Cina ini tersedia untuk ponsel-ponsel Symbian. Bisa diunduh di www.netqin.com.
-    Kaspersky, selain membuat antivirus PC, Kaspersky juga punya produk khusus untuk produk mobile. Informasi lebih lanjut di http://www.kaspersky.com/mobile_downloads.
-    F-secure, sama halnya dengan Kaspersky, F-secure lebih dulu dikenal di produk PC. Anda bisa mendownloadnya di http://mobile.f-secure.com.
Antivirus juga bisa digunakan sebagai antisipasi atau penjagaaan untuk HP anda yang belum terkena virus.
2. Hard Reset
Biasanya dilakukan apabila antivirus sudah tidak bisa mengatasi/menghapus virus. Anda bisa melakukan hard reset dengan menekan tombol rahasia, yakni matikan ponsel lalu tekan tombol Call , Angka 3 dan tombol Bintang secara bersamaan, kemudian hidupkan ponsel. Cara ini hanya dapat dilakukan untuk ponsel-ponsel Symbian 2nd edition.Sebelum melakukan hard reset, pindahkan dulu file-file di memori ponsel ke tempat yang aman semisal kartu memori. Cara lain untuk melakukan hard reset pada ponsel Nokia adalah dengan menekan tombol *#7370#.  Dan memasukkan kode standar 12345
Rata-rata kerusakan ponsel Symbian terletak pada sistem atau softwarenya. Cara hard reset ini dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan software dengan bantuan repair box.
Hard reset dikenal juga dengan istilah Master reset dan tiap merk maupun dan tipe ponsel pasti berbeda. Berikut cara melakukan master reset untuk Nokia S40 dan komunikator.
Nokia S40
- Ketik tombol *#7780# ,
- Masukkan kode standar 12345
- Tekan yes dan ponsel akan restart.
Cara ini ini cukup efektif untuk mengatasi restart pada Nokia S40.
Nokia Communicator ( 9210 ,9300 dan 9500)
- Matikan ponsel
- Lepaskan baterai dan memory eksternal lalu tunggu sekitar 20 detik lalu masukkan baterai kembali
- Buka ponsel untuk melihat layar dalam, setelah layar dalam hidup segera tekan tombol CTRL + SHIFT + F secara bersamaan. Lakukan sebelum tampil logo bergambar tangan pada layar dalam.

Artikel Terkait