Sunday, 16 February 2014

Home » edukasi , sosial » Moral Bangsa Indonesia Bisa Dikendalikan Oleh Acara Televisi

Moral Bangsa Indonesia Bisa Dikendalikan Oleh Acara Televisi

Dibaca :
Televisi memang menjadi media utama untuk Memperoleh berbagai macam informasi seperti berita tentang politik dan hiburan lainnya.
Dulu televisi menjadi pilihan kedua setelah koran, dalam menyuguhkan info, itu alasannya kenapa orang yang lahir tahun 60an membenci televisi sekarang, termasuk ibuku, katanya acara tv zaman sekarang beda dengan tv zaman dulu. Kita lihat dari acara yang di suguhkan saja sudah beda banget, dulu jujur aku masih bisa menikmati masa kecilku dengan acara-acara yang mendidik, dulu banyak banget acara tentang lagu anak-anak, dan kartun yang bener-bener pro dengan anak. Itu sebabnya juga anak zaman dulu tidak cepat dewasa. Ini satu nilai positif karena bagaimanapun semua ada waktunya sendiri. Sedangkan sekarang acara tv lebih banyak tentang talkshow, games, dan acara mellow, dan acara-acara lain yang hampir tidak ada manfaatnya secara keseluruhan. Lihat aja,  contoh sederhana yang dampaknya gak bisa di anggap sederhana, anak-anak terlalu cepat dewasa, di desaku di karang kotagede yogyakarta, aku sering mendengar anak-anak sd menyanyikan lagu yang gak harusnya mereka dengar dan nyayikan, tidak hanya itu, mereka seolah sudah gak kenal waktu, mereka keranjingan tv, seolah hidup ini cuma untuk tv.
Menurutku, dan ini baru merupakan satu pemikiran yang belum ditindaklanjuti dengan survey, zaman sekarang tingkat stres setiap orang semakin tinggi, dikit-dikit stres. Ini juga bisa pengaruh dari tv, acara gosip selebriti dan acara talkshow gak jelas yang cuma mengekspos kehidupan glamor mereka, hal ini bisa membuat penontonnya terbius dengan hidup mereka, seolah mereka ingin meniru apa yang mereka tonton dan jika tidak kesampaian mereka stress.
Semua media yang bersifat telekomunikasi, atau jarak jauh itu sifatnya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, dengan demikian orang lebih banyak berbicara dengan yang jauh dibanding dengan yang ada di dekatnya secara fisik. Kedepannya mungkin ini bisa merusak kegiatan bermasyarakat di kampung, didesa, dan lebih khusus lagi di lingkungan rumah.
Perilaku kita tergantung apa yang kita lihat, pembicaraan kita tergantung pada apa yang kita dengar.
Televisi memiliki visual dan audio, tv punya gambar dan suara yang bisa kita lihat dan kita dengar, jima tidak hati-hati hidup kita bisa rusak karena benda itu.
Menururku stasiun tv yang bener-bener positif itu seperti kompas tv, metro tv, tv one, tvri. Lainnya udah terkontaminasi.
Aku gak tahu beberapa tahun kedepan bumi ini akan seperti apa, masihkah dengan tembok-tembok beton yang menhiasi setiap sudut kota, masihkah dengan pembangunan moral anak bangsa yang hancur, masihkah kita bisa menghirup udara segar atau malah kita lebih banyak menghirup asap kendaraan bermotor dan pabrik yang berdiri tegak di setiap perkotaan.
Semua itu bisa berubah hanya dari dalam diri kita, kesadaran kita akan kemajuan bangsa, bukan cuma dalam segi moral, tapi dari segi kelangsungan hidup setiap manusia. Apa yang udah ada, inilah yang terbaik buat kita kalo kita mampu memprosesnya, mengolahnya dengan baik dan benar.
Dan ingat, bangsa yang baik adalah bangsa yang memiliki moral yang baik, karena setiap hasil yang kita raih berawal dari cara kita menyikapi sesuatu.
Jadilah pribadi yang bermoral baik, maka hidupmu akan baik. Artikel ini saya tulis hanya untuk kritik yang membangun kita dan jangan ditafsirkan negatif.
Terimaksih sudah membaca. Semoga bermanfaat:)
Hidup bangsa indonesia.

Artikel Terkait